Tindakan Persekusi Melanggar Pancasila Harus Ditindak Tegas

Tindakan Persekusi Melanggar Pancasila Harus Ditindak Tegas

Agen Poker Tercepat – Mantan Wakil Preseiden Ke-2 RI Try Sutrisno menyayangkan adanya tindakan persekusi yang dilakukan oleh sebuah organisasi. Ia menyebutkan bahwa yang dilakukan suatu organisasi yang Melanggar Pancasila merupakan tidakan yang diluar hukum dan harus di tindak.

“Siapapun yang mempersekusi? tidak dibenarkan oleh hukum apabila orang yang mempersekusi, itu  di luar hukum. apa status ormas itu? Kalau begitu hancur negara ini,” ujar Try di Kemenko Polhukam RI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Try juga menyatakan bahwa persekusi harus ditindak. Terlebih bila organisasi tersebut sudah terbukti melakukan tindakan persekusi harus di tindak tegas.

“Ya organisasi tersebut harus ditindak. Kalau sudah ada bukti satu ormas mempersekusi, ya bubarkan saja itu, dikumpulkan,” katanya.

Ia pun mencontohkannya dengan ISIS yang kini tengah diberantas. Selanjutnya, ia juga mencontohkan organisasi HTI yang dibubarkan oleh negara karena tidak sesuai dengan Pancasila.

“ISIS saja dikumpulkan, terus diberantas. Apa itu satu yang harus dilarang? HTI dilarang. Kemarin pidatonya Pak Jokowi kan tegas. Yang bertentangan, yang merusak negara, yang merusak Pancasila, yang merusak Undang-undang Dasar, yang merusak kebhinekaan, kan macam-macam,” katanya.

“Tuhan memberikan kita macam-macam. Sukunya macam-macam, budayanya macam, adatnya macam-macam, agamanya macam-macam. Kita berlindung pada satu negara yang utuh itu, hebat Pancasila,” sambungnya.

Try juga menilai tindakan persekusi melanggar Pancasila. Ia pun menginginkan tindakan seperti itu harus digempur.

“Tindakan persekusi itu tindakan apancasilais, melanggar Pancasila. Harus digempur. Jangan ragu-ragu. Kobarkan yang baik lah,” ucapnya.

Menurutnya, organisasi tersebut tidak boleh melakukan tindakan seenaknya. Sebab ada nilai-nilai yang harus ditegakkan.

“Tidak boleh bertindak seenaknya begitu ya. Ada nilai-nilai yang harus kita tegakkan. Tertinggi nilai ketuhanan yang maha esa. Orang ber-Tuhan tidak boleh seperti itu, harus sopan santun,” tutupnya.